11 Jan 2010

Toilet PS XXI

Another post about a toilet hehe :) Sejak renov daku belum pernah nonton di Plaza Senayan XXI. Nah, karena kemarin dapet tiket gratis jadilah daku nonton di sana. Wah, bagus deh studionya.

Daku pingin cerita tentang toiletnya. I think they have the best public toilet in Jakarta. Bersih banget, wangi & di bilik toiletnya juga lengkap: tempat sampah, tissue, washlet. Yang paling 'keren' mereka punya pelapis kloset!! Wooooww, like this! Bahan pelapis kloset'nya itu bisa hancur di air, jadi nggak perlu susah-susah diangkat & dibuang ke tempat sampah, tinggal flush aja. Wah, senang deh ada public toilet yang higienis :) Just my opinion, klu bicara tentang harapan konsumen tentang public toilet, mungkin sebenarnya yang diharapkan bukan toilet yang unik, bagus, cantik. Akan lebih baik toilet umum yang sederhana tapi bersih dengan fasilitas seperti yang ada di toilet PS XXI. Maksudnya, interior nggak penting-penting amat kok. Agak surprise juga dengan pelapis kloset itu, mudah-mudahan toilet-toilet lain juga mau mempertimbangkan untuk pakai fasilitas ini. Penting banget tuh!!

Hal lain yang mungkin jadi masalah adalah si pemakai. Kadang daku menemukan, awalnya public toilet di tempat-tempat umum yang baru dibangun terlihat bersih dan cantik. Tapi lama kelamaan jadi kotor & jorok. Gak lain karena si pemakai juga nggak menjaga dengan baik, jongkok di kloset, buang sampah sembarangan, dan lainnya. Plus si pengelola juga nggak mau ambil pusing. Jadilah lama-lama tercipta toilet yang 'males banget' hehehe..

Buat daku, toilet itu jadi cerminan seseorang atau suatu organisasi. Klu mau tau karakter seseorang, salah satunya bisa dilihat dari toiletnya. Klu toiletnya 'pe-we' kemungkinan orangnya juga punya karakter yang nggak jauh-jauh dari si bersih dan loyal (karena butuh loyalitas besar lho untuk selalu menjaga kebersihan toilet hehe..) tapi sebaliknya, klu toiletnya 'males banget' hehe.. kemungkinan juga si empunya juga 'males banget' :p

Klu pergi, apalagi harus menginap di satu tempat baru, hal pertama yang daku lihat pasti toiletnya. Klu toiletnya 'pe-we' kayaknya daku legaaa banget. Klu toiletnya rada eror, hehehe.. jadi gemanaa gituh.

Yuk kita menciptakan toilet-toilet yang nyaman dan kebiasaan yang bersih, jadi public toilet juga nyaman buat semua orang.

No comments: