14 May 2010

Malaysia - Part 1 (Genting Highland)

Minggu lalu kami ada kesempatan ke Malaysia. Tujuan utama untuk berobat, tapi kami pergi pas weekend supaya bisa sedikit jalan-jalan juga :)

Kami berangkat naik pesawat pertama Air Asia (take off jam 06.25) dan pengalaman pertama naik maskapai ini yaaa.. begitulah. Ternyata biaya tiket tidak termasuk bagasi dan meals di pesawat. Bagasi bisa dibeli mulai dari Rp60.000,- untuk 15kg. Meals juga bisa pre-order lewat website. Jadi passanger hanya boleh bawa 1 bag dengan ukuran tertentu dan maksimum berat 7kg. Maskapai ini juga mengenakan biaya untuk pemilihan tempat duduk sesuai keinginan.

Nah, daku udah sengaja web check-in sejak 2 hari sebelum keberangkatan, tapi seat yang didapat di bagian belakang buanget. Walah.. Ini mah maksudnya biar kami beli tempat duduk pilihan kali ya. Masa check-in 2 hari sebelumnya dapat seat di paling belakang? Yah, paling tidak bisa duduk bareng the husband. Jadi naik Air Asia banyak plus-plusnya. Mesti hati-hati banget waktu booking, harus benar-benar memperhitungkan kebutuhan kita. Kami mendarat 20 menit lebih awal dari jadwal.

Tiba di Bandara KL-LCCT kami naik bus ke KL Sentral, murah deh, RM8 per orang (1 RM: sekitar Rp3.000,-). Ternyata bandara LCCT ini jauhnya minta ampun dari kota Kuala Lumpur, sekitar 1 jam lebih. Hari pertama ini kami rencana langsung ke Genting & menginap 1 malam. KL Sentral adalah pusat transit dari MRT-Monorail-Bus yang ada di Kuala Lumpur, jadi rame banget. Setelah tanya kanan-kiri, akhirnya kami beli tiket bus & skyway untuk ke Genting. Perjalanan dari KL Sentral ke terminal Genting sekitar 1 jam, lanjut naik skyway sekitar 20 menit. Gak disangka Genting tinggi banget!! Kami tiba di Genting sekitar jam 3 sore, pas waktu check-in di First World Hotel. Hotel ini katanya masuk rekor dunia sebagai hotel dengan kamar terbanyak, sekitar 6.118 kamar.

Mesti hati-hati waktu mau naik bus ke Genting dari KL Sentral. Banyak supir taksi yang ternyata agak 'bandel' dengan agak berbohong klu tiket bus udah abis dan mesti naik taxi mereka. Naik taxi dicharge sekitar RM200. Anehnya di loket tiket juga mereka gak kasih informasi jelas. Waktu itu kami tiba sekitar pukul 12.00 dan kami lihat ada jadwal pukul 13.00 tapi katanya tiket bus baru ada lagi pukul 15.00 hhhmmmm.. Setelah agak maksa, akhirnya kami dapat tiket pukul 13.00. Mungkin ada fasilitas pesan dulu untuk tiket bus ini, kami nggak tau tentang ini.

First World Hotel

Hotel ini bneran besar banget, resepsionisnya aja ada sekitar 30 counter hehe.. Antriannya puanjang sangat. Karena udah book dari Jakarta, kami hanya antri sebentar aja untuk proses check-in. Rate'nya cukup bersahabat Rp450.000,- incl. breakfast. Di bawah hotel ada theme park besar, mall, restoran, cinema, casino dan entertainment lain. Bner-bner The World of Entertainment deh :) Here is the pic:

Ternyata di sana ada museum Ripley's Believe It or Not. Museum ini dulu pernah ada di Jakarta, daku pingin banget ke sana tapi ngak kesampean. Akhirnya, daku ke museum ini juga hehehe.. Jadi museum ini punya koleksi segala sesuatu yang aneh-aneh di dunia. Ada orang tertinggi di dunia, ada orang bermata 2, orang terkedil di dunia, banyak lagi. Ada sekitar 500 koleksi di museum ini. Menyenangkan lho :) Oh ya, tiket masuk RM18.

Hotel First World bner-bner efektif dan efisien hehehe.. Jadi di dalam kamar cuma ada 1 bed dan meja plus TV kecil. Toilet dipisah 2 untuk mandi dan kloset, masing-masing kira-kita 1.5m x 1.5m. Jadi susah banget bergerak ahahahaha :) Tapi everythings that you need are there dan bersih. Gak ada tambahan kursi ato lain-lain yang biasanya ada di hotel bintang 3, but it's ok karena cuma untuk tidur dan mandi.

Overall, Genting cukup bagus, but not that amazing.

No comments: