17 Aug 2009

Mottephobia


Aneh ya, namanya?
Daku juga baru tau kalau phobia aneh jelek ini ada juga sebutannya.

Mottephobics grow a tendency of becoming very panicky when they see a group of moths suddenly appear in front of them. They scream and make a scene out of the whole insignificant issue.
Reasons Erupting Mottephobia
Mottephobics mainly fear the terrified look of the insects, which looks disgusting and repellant. It is quite natural that if you feel creepy of nasty of something, then there is natural tendency to grow hatred against the particular object.
However, when the fear grows intense there must be some incident in the past linking to moths that triggered the cause of fear in your mind.
A real life scare usually give rise to the phobia that resides in the mind for so long that at a point it becomes impossible to get it out of the mind. (source: internet)



Jadi mottephobia adalah phobia pada moth atau yang lebih banyak di Indonesia adalah butterfly. Biasanya yah, ini adalah topik yang harus paling dihindari untuk dibicarakan. Tapi, entah kenapa, rasanya lebih baik untuk coba dibicarakan. Ini memang hal memalukan dan aneh tapi nyata yang sudah daku alami selama belasan tahun. Mulai sadar sekitar umur 9 tahun, kok rasanya gimanaaa gituh klu ada 'itu' di sekitarku. Tuh, bahkan untuk menulis sebutan hewan ini aja, rasanya jijik. I prefer to call it 'itu.'

Bukan hanya nulis sebutannya, bahkan gambar atau fotonya aja bisa bikin kepala pusing, jantung deg-degan tingkat tinggi, lemes dan pingin cepetan kabur, mau teriak, mau gila, wah parah deh. 'Itu' yang pergi atau daku yang pergi, gitu aja deh. Apalagi klu udah di depan mata, hidup pula. Aduh Tuhan, ngebayanginnya aja udah sakit perut. Kalau orang-orang bisa bermain-main dan mengaggap hewan satu ini lucu dan cantik, wah buat daku sih sama sekali tidak. Mungkin ini agak parah, karena gambarnya aja udah bisa bikin daku merinding. Duh Tuhan, bisa pingsan kali yah.. Belum pernah sampe pingsan sih, aduh jangan sampe ya.

Aku tau ini adalah hal yang memalukan dan aneh. Dan aku juga sangat sadar dan tau kalau 'itu' tidak bisa menyakiti, lha dipukul aja mati kok. Tapi yah, entah kenapa, buatku bener-bener menakutkan. Sialnya, ini hewan dulu suka ada di dalam rumahku, ampun deh. Mungkin karena rumahku dulu punya banyak bagian terbuka, tau-tau 'itu' udah ada aja di dalam dan sialnya dakulah orang yang paling sering menemukannya. Nah, kebayang deh tuh.. Tiba-tiba lagi mau ambil baju, eh ada 'itu' terbang *merinding lho pas nulis ini* yah apalagi yang bisa kulakukan selain teriak dan kabur kaya orang bodoh. Pernah juga, pas mau mandi pagi-pagi eh di kamar mandi ada juga, ampun deh. Pernah juga 'itu' yang besar masuk rumah *aduh, pingin stop nulis ini rasanya* wah itu bener-bener musibah buatku. Ku sampe nggak berani keluar kamar. Biasanya orang rumah langsung buru-buru ngusir ato mukul 'itu' sampe mati. Tapi ya, kalaupun udah hilang dibuang, dalam beberapa hari daku masih aja merinding-merinding klu harus lewat tempat 'itu' tadinya ada. Malah kalau bisa, daku menghindari tempat itu untuk beberapa hari bahkan seminggu. Susahnya waktu ada di kamar mandi, wah yang ada jadi numpang mandi di kamar mandi papa-mama terus, ngerepotin orang banyak. Konyol ya?

Ada juga peristiwa memalukan waktu SMP kelas 2. Waktu itu lagi pelajaran, tiba-tiba 'itu' masuk ke kelas *heran ya bisa-bisanya gituh masuk-masuk kelas, halah.. kenapa harus kelas gue juga sih?* wah, langsung deh kena panick attack. Ada beberapa temen yang tau tentang ini dan udah langsung melirik-lirik, daku juga udah pasrah berharap jangan sampe 'itu' deket-deket, mana lagi pelajaran pula. Eh, entah gimana 'itu' malah tambah deket dan seperti mau hinggap di rambut wuaaaa langsung deh daku teriak-teriak dan lari-lari keliling kelas, persis orang edan. Malu banget deh, mau nangis rasanya. Tapi waktu itu bener-bener ketakutan. Diketawa'in yah pastinya lahhh, mungkin sedunia cuma daku doang yang aneh begini. Sedih rasanya.

Sebelnya, banyak orang menganggap ini remeh dan malah mempermainkan. Mulai dari ungkapan "Ahhh, masa gitu aja takut sih? Itu kan gak gigit, malah bagus!" sampe "Ya elah, apa gak ada ketakutan yang lebih mendingan ya?" huaaaaaaaaaa.. Kalian semua tidak akan pernah mengerti rasanya seperti apa. Sampe tadi siang, daku coba browse tentang ini. Wah, ternyata daku nggak sendirian. Banyak juga lho yang suffer from this weird phobia. Malah ya, salah satunya Nicole Kidman. Gak nyangka ya, Nicole Kidman bisa horor juga sama beginian. Pingin deh ngobrol dengan sesama mottephobia dan berbagi tentang ini, syukur-syukur kalau ada yang bisa kasih tau bagaimana menyembuhkannya. Udah cukup merasa bodoh dan menderita nih.

Klu dari beberapa artikel dan sumber internet, katanya phobia itu berhubungan dengan pengalaman menakutkan yang pernah terjadi sebelumnya yang masuk ke alam bawah sadar dan belum bisa dilupakan. Cara menyembuhkannya dengan menghadapi ketakutan itu atau minta bantuan ke profesional.

Well, kejadian menakutkan dari masa lalu. Ada sih sedikit ingatan, dan yang juga cukup banyak ditambahkan sama adikku, mengenai masa kecil. Dulu nih ya, katanya daku susaaaaah banget makan. Pada suatu hari yang kurang baik hehe.. kurang baik karena kayaknya sih ini awalnya daku jadi horor sama 'itu'.. si mamah udah bener-bener kesal daku gak mau makan juga, walau udah dibujuk 1001 cara. Nah, kebetulan ada 'itu' di halaman rumah. Entah dapet ide dari mana, si mamah malah memasukkan 'itu' ke plastik dan disodor-sodori lah ke daku sambil ditakut-takuti supaya mau makan. Yahh, mungkin akhirnya daku mau makan tapi efeknya sampe sekarang. Itu terjadi waktu daku sekitar umur 2-3 tahun. Adikku juga punya ingatan tentang ini, dia juga bilang kayaknya phobia ini muncul karena kejadian tadi. Adikku bilang katanya waktu itu aku sampe nangis teriak-teriak, klu yang ini sih daku udah nggak ingat lagi. Wah, tega gak tega deh si mamah. Mungkin dipikirnya daripada sakit karena nggak mau makan, eh malah bener-bener 'sakit' hehe.. Klu kata cerita mamah sih, dulu daku pernah nonton film 'itu' yang besar dan menyeramkan, jadi mungkin terbawa sampai sekarang. Yah mungkin juga.. Makanya para parents, dampingilah anakmu pas nonton TV!!

Kalau soal menghadapai ketakutan itu sih, haduhh.. Nggak tau deh ya.. Lha kalau sekarang ini aja, daku selalu waspada takut-takut 'itu' kecolongan masuk ke rumah, aduh Tuhan jangan sampe dong, please.. Khawatir juga orang lain tau tentang hal ini dan malah make fun of it. Duh, untuk siapapun di manapun berada, tolong yaa, kalau punya kenalan yang punya phobia jangan dipermainkan, sungguh lho, itu nggak lucu dan nggak berprikemanusiaan. Itu sangat menyakitkan sekaligus memalukan. Jadi sekarang ini, segala sesuatu yang berbau 'itu' silahkan disingkirkan. Entah gambarnya, entah apapun deh.. Get lost!!

Agak sedikit lega sih, tau kalau ternyata ada juga orang lain yang punya penderitaan yang sama. Berharap bisa sembuh dari keadaan ini, oh please.. somebody help me.. mungkin bener-bener harus ke profesional ya.. oh tidak..

No comments: