14 Aug 2009

Release Stress


Macet di jalan, kesal dengan sesuatu, dikecewakan, keseharian yang terasa cepat sekali berlalu, waktu yang terus mengejar.. Semuanya bikin stress, tertekan dan terkadang tersimpan dalam hati, susah untuk dilupakan dan dimaafkan. Tadi pagi sempat ngobrol sama teman kantor tentang ini, stress yang tersimpan terus menerus seringkali akhirnya menyebabkan sakit fisik mulai sakit ringan seperti flu sampai sakit stroke sampai kanker. Duh.. Amit-amit.. *touching wood*
Ini lho yang daku lakukan untuk release stress:
Liat-liat Aja Gak Beli
Ceritanya sih biar gak tambah stress, liat aja jangan dibeli. Nanti malah kesel karena uangnya habis hehe..
Jadi biasanya daku ke mall, browsing toko-toko baju, buku, pernak-pernik gak penting, sepatu, semua toko yang ada deh. Niatnya sih gak beli, liat aja. Tapi klu dapet yang pas (yah pas ukurannya, harganya, semuanya, trus gak mahal-mahal amat) jadinya yaaaa beli juga sih.. hehehe :)
Baca Buku
Emang paling enak baca buku. Klu lagi stress paling ampuh baca buku cerita yang lucu-lucu, chicklit ato komik favorit. Majalah juga OK. Jangan baca buku yang 'berat' karena jadi bikin tambah pusiiing. Thx to all the great writers.
Creambath
Pijitan di kepala dan pundak bisa bikin legaaaa. Setelah creambath rasanya 'enteng' dan segar lagi. Lumayan banget untuk kurangi stress. Tinggal ke salon yang paling dekat rumah, duduk manis, menikmati pijitan terapis yang meresap sampai ke dalam kepala.
Writing Journal
Menulis untuk mengungkapkan perasaan juga jadi cara yang menyenangkan untuk kurangi stress. Lewat tulisan kita bisa mengungkapkan hal-hal yang mungkin canggung untuk disampaikan lewat kata-kata. Senang rasanya bisa mengeluarkan perasaan-perasaan yang tertahan. Waktu menulis juga kita jadi lebih bisa mengingat hal-hal positif yang kita miliki dan kita lalui, jadi merasa lebih bersyukur jalani hidup walau lagi stress.
Mandi lama-lama
Air dari shower bikin pikiran jadi lebih segar. Badan juga lebih relaks rasakan dinginnya air. Wah menyenangkan. Wangi sabun juga bikin perasaan senang . Mandi lama-lama manjur untuk melupakan sejenak pikiran yang penat.
Nonton
Melihat cerita tentang kisah hidup seseorang juga bisa melepaskan stress. Film dengan suasana baru bikin suasana hati juga jadi baru. Nonton film baru di bioskop ato DVD di rumah jadi salah satu yang menyenangkan untuk lewati hari.
Makan enak
Makan makanan favorit juga bikin bahagia hehehe.. Strawberry Cheese Cake yang asem manis misalnya, enak.. Rasanya yang lembut di lidah bikin hati jadi senang, boleh deh sekali-sekali memanjakan diri nggak pake mikir kalori.
Tidur
Nahh.. Klu udah coba semua hal di atas dan masih merasa kurang baik, biasanya daku tidur aja deh. Pas bangun biasanya merasa lebih baik.
Liburan
Pergi jauh dari rutinitas sehari-hari sangat membantu untuk memulihkan pikiran dan hati. Suasana pantai misalnya, bikin hati jadi tenang. Wahh, klu bisa liburan rutin kayaknya menyenangkan banget tuh hehehe..

No comments: