5 Oct 2009

Off To China Part 2 - Kunming, China


Setelah 5,5 jam di pesawat dari Kuala Lumpur, akhirnya kami tiba juga di kota tujuan pertama di Cina, Kunming :) Lagi-lagi H1N1 dapat perhatian besar dari pemerintah. Kami belum boleh turun pesawat, ada beberapa orang dari Departemen Kesehatan Cina yang masuk ke pesawat kami dan memeriksa semua penumpang. Mereka mau tau riwayat kesehatan penumpang selama beberapa bulan terakhir dan kami diperiksa satu-satu. Katanya kalau ternyata ada demam dan ada virus H1N1 tapi nggak declare di awal, bisa kena hukuman. Wuahhh, heboh banget ya! Jadi yang agak flu dan demam diminta declare saat itu juga. Untungnya diantara penumpang dianggap sehat semua. Sampai bandara juga masih aja lho ada alat scan suhu tubuh, wah hebat! Walaupun bikin ribet, tapi memang perlu banget sih. Salut deh buat pemerintah Cina.

Dari bandara kami diantar ke New Era Hotel, letaknya di pusat kota Kunming. Kunming menyenangkan deh :) Iklimnya nggak dingin banget tapi juga nggak panas sekali. Kotanya udah lumayan macet, tapi nggak separah Jakarta. Kota ini terkenal dengan sebutan The Spring City, karena sepanjang tahun bunga-bunga mekar dimana-mana. Wah cantik banget :)

Hotel kami letaknya bener-bener dekat sama shopping center *tersenyum senang sekali* daerah ini namanya Pedestrian Street. Jadi, di sini orang-orang banyak yang jalan kaki dan naik motor listrik atau sepeda. Motor listrik mereka nggak berbunyi sama sekali, jadi waktu baru tiba di sini suka terkaget-kaget karena tiba-tiba motor muncul di kanan ato kiri kita, dikit lagi bisa ketabrak! Klu di Jakarta kan bunyi motor berisik banget tuh ya, jadi dari jauh-jauh juga kita udah minggir. Nah, klu di Kunming mesti pake feeling hehehe.. Dna tanpa menyia-nyiakan waktu, jadilah daku & the husband langsung foto-foto serasa mengulang foto pre wedding hihihi..

Waktu kami lagi menikmati Pedestrian Street, tiba-tiba ada pengemis yang ngikuti kami jalan kemana-mana sambil bicara sesuatu, nggak jelas ngomong apa. Yah yang pasti tujuannya minta sedekah deh. Secara ya baru tiba, Yuan (mata uang Cina) belum ada yang pecahan kecil, semuanya masih RMB 100, wah ribet banget. Kami udah coba dengan bahasa tubuh klu kami minta maaf belum bisa kasih sedekah, eh tapi dia maju terus pantang mundur. Sampe-sampe kami jadi diliat'in orang karena diikuti pengemis kemana-mana huhuhu.. Akhirnya, The Husband kasih si pengemis Rp2.000,- hehehe.. Si pengemis girang tapi bingung juga, trus kami jelasin (lagi-lagi pake bahasa tubuh) klu itu uang Indo, klu nggak mau ya kami ambil lagi. Diambillah dan pergilah dia.

The Hotel
Hotelnya menyenangkan!! Tempat tidurnya nyaman (wah, kasur-kasur hotel di Cina pada keras banget lho! bikin sakit punggung, makanya klu ada tempat tidur nyaman di Cina rasanya surga banget hehe..) dan pastinya lokasi hotel yang dekat dengan Pedestrian Street bikin semangat berkobar-kobar huehehue.. Oh ya, di lobby hotel ada rangkaian bunga yang diganti setiap hari. Daku suka banget sama rangkaian-rangkaiannya.. Kami menginap 3 malam di hotel ini & rangkaian bunga selama 3 hari itu:


Pedestrian Street

Hasrat belanja di Pedestrian Street waktu malam akhirnya kesampaian juga! Ternyata memang menyenangkan. Banyak toko dengan desain yang lucu-lucu, duhhh bagus banget deh. Diantara toko-toko juga banyak disediakan kursi taman dan di tengah area ada kolam ikan. Wahhh damai banget rasanya :) Banyak orang berkumpul untuk sekedar saling ngobrol atau menikmati suasana, belanja, makan.. senangnya.. Selain toko-toko lucu, banyak juga kedai kecil yang jual snack atau minuman unik. Daku & the husband jalan-jalan sambil foto-foto, menikmati suasana banget. Hmmm.. kecuali tiba-tiba motor listrik yang mendadak suka muncul dan bikin kaget karena hampir nabrak.

Daku nggak sempat beli banyak barang karena keasyikan foto-foto toko lucu. Barang-barang yang dijual juga lucu banget. Ada kaos kaki warna-warni, topi lebar yang cantik banget, syal lucu, waaaaaaahh kepingin semua deh rasanya. Oh ya, daku sempat beli 4 kaos kaki seharga RMB 10 (kira-kira Rp15.000,-) murah ya, bagus pula.. Senang..


Daku mau ke Kunming lagi :)

No comments: