5 Oct 2009

Off To China Part 3 - Bahasa Tubuh :)

Ribet, orang Cina pada nggak bisa English & daku juga nggak bisa Mandarin. Jadi setiap kali mulai pembicaraan pasti tidak pernah berakhir, karena smua jadi bingung hehe..

Daku (D): Can I have a scissor please?
Housemaid hotel – orang Cina (H): *dengan wajah melongo*
D: Scissor, please? *dengan memeragakan gerakan menggunting pake jari telunjuk & tengah*
H: *tambah bingung & ngomong Mandarin*
D: Mati deh gue (benar-benar diucapkan, karena yakin toh dia kagak ngerti) can you speak English? Somebody can speak English, please?
H: *muter-muter lihat kanan-kiri kagak tau deh nyari apaan*


Kejadian saling bingung ini berkali-kali terjadi, sampe daku agak menyesal kenapa nggak beli kamus sebelum berangkat ya? Hmm.. pelajaran hidup yang sangat bagus nihh! Ada lagi kejadian di Kunming:

D: *nelpon housekeeping karena hairdryer rusak & rambut basah banget* hi, can I have a hairdryer please?
H: Ok, ok. I go to your room now *dengan logat English yang unik*
D: *tersenyum: akhirnyaaaaa ada juga ya housemaid hotel internasional yang bisa English*

Tidak berapa lama bunyilah bel kamar daku..

H: *berdiri di depan pintu sambil megang 2 botol mineral water*
D: haiyaahhhhhh.. mati dahhh.. kayaknya doi salah ngarti nih!! Di telpon oke oke aja loe yaaaaa, gue minta hairdryer loe bawa’in air minum, busyet daaahhh.. (diucapkan dalam hati)
D: I said hairdryer (sambil memeragakan mengeringkan rambut pake hairdyer imajinasi)
H: ya ya *sambil menyodorkan itu air*
D: huaaaaaaaaaaaa.. kesalllllllllll..

Akhirnya ya, daku ajak dia ke kamar mandi. Daku tunjuk-tunjuk aja deh tuh hairdryer yang rusak sambil menujukkan ke rambut daku dengan tangan melambai-lambai tanda klu hairdryer tidak bisa dipakai. Akhirnya doi ngarti juga bow!! Dikasihlah daku hairdryer yang bisa dipake.. huhuhu.. perjuangan.. The husband udah ngakak-ngakak aja deh jadinya.. Huhuhuhu..

Surprise juga, orang-orang Cina jarang sekali yang bisa English. Daku pikir mereka pasti belajar dan bisa sedikit, tapi ternyata kebanyakan nggak bisa sama sekali. Jadi kepiawaian menggunakan bahasa tubuh sangat diperlukan selama liburan :) Tapi Tour Guide lokal Cina bagus lho English'nya, well.. daku makin pingin belajar Mandarin nih jadinya..

No comments: