8 Oct 2009

Off To China Part 6 - Old Town, Dali

OLD TOWN! Begitu mendengar Old Town langsung deh hasrat shopping menggila!! Woooww.. menyenangkan. Jadi hampir di tiap daerah punya Old Town yang isinya toko-toko unik dengan model tempoe doeloe jual souvenir, patung-patung, baju, teh, makanan, semuanya yang bisa kita bayangkan di dunia ini sebagai barang menarik yang bisa dipilih dan dibeli dengan harga yang ajaib! Begini ajaibnya:

Daku (D): Xiao jie, zhi ge duo shao? (Mba, ini berapa harganya?) *sambil menunjuk sebuah syal cantik warna-warni*
Ceritanya setelah 4 hari di Cina daku mulai bisa percakapan untuk belanja, gileee penting nih urusannya, daku mesti bisa!! Itu pun maafkan yah klu daku salah nulis pinyin, maklum deh..
Xiao jie (X): Wu shi kuai (50 yuan)
D: *geleng-geleng sok tau klu itu harga kemahalan banget-padahal gak tau itu mahal ato nggak* duo shao?
X: *secepatnya mengambil kalkulator dan mengetikkan angka 50 sambil dikasih lihat ke daku*
D: *geleng-geleng tanda tak mau dan mengetikkan angka 10 diikuti angka 3, maksudnya daku maunya 3 syal seharga 10 yuan aja* ke yi? (boleh?)
Hehehe.. kadang-kadang gue belajar gile kelewatan juga ya.. daku pingin tau aja dikasih ato nggak.. syalnya simpel tapi lucu sih..
X: bu ke yi!! (tidak boleh!!) *dengan nada songong*
D: *belaga jual mahal, jalan menjauh dalam hati berharap dipanggil lagi*
X: Eiyyy xiao jie, xiao jie *berteriak dengan kerasnya seakan gue udah jalan 1000 langkah padahal gue baru jalan 5 langkah*
D: *cring cring cring.. bunyi hatiku kesenangan, tanda bakal dikasih nihhhh..* ke yi? (boleh?)
X: *sambil mengetik di kalkulator angka 30*
D: *geleng-geleng tanda tak mauuuuu dan bersiap jalan lagi*
X: Hao.. hao.. (okeh.. okeh..)
D: asyiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk (bener-bener daku ucapkan dengan kegirangan di depan si Xiao Jie, dia kagak ngerti ini!!!)

Wuaaaaa daku dapet syal lucu warna kuning, toska, merah cuma 10 yuan aja!! (Rp15.000,-) Dari satu syal 50 yuan jadi 3 syal 10 yuan!!??!! Gile kan tuh si xiao jie di sono? Makanya, daku mah nawar gila-gila'an aja! Lha dia juga ngasih harga seenaknya begitu.


Tips lagi: klu ke cina bawa kalkulator, berhubung susah komunikasi jadi kalkulator adalah penyelamat hasrat belanja!!

Back to The Old Town, Dali. Menurutku, inilah Old Town terasik selama daku di Cina! Toko-tokonya cantik banget, barangnya lucu-lucu dan suasananya juga menyenangkan. Ada toko buku yang jual buku-buku edisi lama, ada toko barang-barang kulit, toko souvenir yang mruah meriah tapi bagus dan ada toko sumpit!! Aihh lucunyaa.. Bisa gilaaaaaaaaaaaaaa..




Ada lagi. Jadi ada satu toko snack, dari depan interior tokonya lucu & menarik banget. Pas daku masuk, mereka jual makanan panjang berulir yang ternyata adalah kentang goreng panggang. Jadi kentang yang udah dibentuk ulir digoreng dan ditambahi bumbu trus dipanggang. Setelah dipanggang ditambah saus, wah enak banget! Uniknya lagi, mereka menyediakan note untuk kita make a wish dan ditempel di dinding toko itu. Jadi dinding tokonya penuuuuuuhh banget sama kertas-kertas kecil yang isinya wish list orang-orang yang pernah ke sana. Pastinya, daku juga ikutan make a wish. Lucu! Mereka juga jual ice cream dan snack lain. Tapi yang paling unik yah kentang ulir itu :)

Kami jalan-jalan di Old Town sampe jam 11 malam pas toko-toko mau tutup baru kami pulang. The husband juga lupa diri beli CD banyak banget. CD di Cina murah deh, original cuma 10-20 Yuan, kotak CDnya juga unik-unik. Ada yang dibuat dari kayu dan kaleng besi. Oh ya, di Old Town ini juga daku nemu celana balon yang modelnya lucu dan enak banget dipakenya. Wahh.. Old Town.. Surga belanja banget deh!! Siap-siap nawar semurahnya yaaaa.. :)

Oh iya, hotel di Dali unik banget. Letaknya di Old Town dan interiornya China banget. Please take a look at the picz :)




Hmmmm.. Dali memang recommended untuk destinasi liburan!!

No comments: